Toko Terpal Plastik
Jual terpal, jual terpal tenda, jual terpal kolam, jual terpal di Surabaya, jual terpal plastik di Sidoarjo, terpal plastik roll, harga terpal plastik, harga terpal Korea, harga terpal China, jenis terpal, harga terpal plastik, melayani pemesanan terpal plastik ukuran khusus (custom)

Hubungi kami:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Tepat Budidaya Ikan Gurame Menggunakan Terpal Plastik

Terpal Plastik Untuk Tenda, Manfaat Terpal Plastik, jual terpal plastik berbagai ukuran
Budidaya Ikan Gurame

Ikan Gurame adalah salah satu jenis ikan elit yang memiliki rasa daging gurih dan memilki tekstur daging tebal & enak, maksud dari ikan elit ini adalah karna harganya relatif mahal karna pertumbumbuhan ikan unu sangat lama. Namun ada cara yang dapat membuat ikan gurame ini bisa berkembang cepat dengn cara budidaya ikan gurame di kolm terpal plastik dengan teknik yang tepat sebagai berikut :

Untuk anda yang tidak mempunyai tempat/lahan yang cukup, Anda dapat membudidayakan ikan gurame dengan membuatkan kolam dari terpal. Pada intinya bududaya ikan gurame memerlukan air yang cukup.

Dalam pembuatan kolam sebaiknya juga memperhitungkan jumlah ikan yang akan dibudidayakan, karna jika jumlah ikan tidak sesuai dengan kapasitas kolam karena dapat membuat ikan menjadi stres. Untuk ukuran kolam 1 x 1 meter dengan kedalaman 90 cm dapat berisi kurang lebih 10 ekor gurame dengan berat 2,5 ons.

Bila ikan gurame telah semakin besar maka jumlahnya mesti di kurangi. Jika tidak maka dibutuh penambahkan filter air yang ideal, langkahnya yaitu dengan mengalirkan air kolam terpal dengan pompa ke satu system penyaringan, sesudah melewati penyaringan air masuk kembali ke kolam.

Pembuatan kolam terpal untuk ikan gurame bisa di buat dengan dua jenis tipe :

1. Menggali tanah dengan kedalaman spesifik umumnya seputar 90 cm, lalu Terpal dipasang pada tanah galian tanah tersebut.
2. Menempatkan terpal pada permukaan tanah (tak menggali tanah), dengan pertolongan rangka dari besi atau mungkin kayu, terpal dirangkai mirip bak.

tipe pertama beban terpal tidak terlalu berat pada saat di beri air, sedangkan untuk tipe kedua mempermudah kita melakukan pergantian air serta pembersihan kolam. Dengan menggunakan selang kita dapat menyedot kotoran yang terdapat pada dasar kolam terpal dengan mudah. Pada budidaya ikan gurame jika kotaran yang terdapat pada dasar kolam sudah banyak segera bersihkan agar kesehatan serta kebersihan air pada kolam tetap terjaga.

setelah pembuatan kolam selesai langkah selanjutnya yaitu isi kolam dengan ikan gurame, sebelum ikan gurame dimasukkan ke kolam pastikan terlebih dahulu kolam dalam keadaan bersih dari penyakit serta beberapa zat berbahaya. Terpal memiliki kandungan unsur kimia dalam pewarnaannya, maka sebelum saat dipasang butuh dicuci serta dibersihkan terlebih dahulu. Untuk membunuh patogen kolam yang sudah terisi air ditaburi garam 2 ons/m3. Pastikan juga bahwa ikan gurame yang akan anda budidayakan tak memiliki kandungan bibit penyakit. Bila ada ikan gurame yang terserang penyakit butuh dikarantina terlebih dulu sebelum dimasukkan ke kolam.

Baca Juga  :


Pemeliharaan Ikan Gurame

Beri makan ikan gurame dengan pelet yang memiliki kandungan protein 25% s/d 30% sebanyak 2 kali dalam satu hari yang dianjurkan pada saat pagi maupun sore hari. Sebaiknya dalam memberikan pelet ikan gurame dilakukan agak sering namun dengan jumlah pelet yang sedikit-sedikit. Anda juga dapat menambahkan daun-daunan maupun sayuran sebagai makanan sampingan ikan gurame. Daun-daunan serta sayuran amat berguna untuk kesehatan serta perkembangan ikan gurame.

Pada budidaya ikan gurame dengan kolam terpal, usahakan untuk memberi makan secara teratur dan hindari pemberian makanan yang terlalu berlebihan karna malah hanya membuat sisa makanan semakin banyak. Apabila ada sisa makanan dan kotoran sudah terlalu menumpuk segera buang karna sisa makanan serta kotoran ikan yang ada di kolam tersebut memiliki kandungan zat amoniak yang berbahaya bagi perkembangan ikan gurame yang memiliki sifat toksin atau racun. Oleh karena itu jaga kualitas air dalam kolam, karena akan mempengaruhi perkembangan ikan gurame.

sebenarnya Ikan gurame mempunyai daya tahan yang cukup untuk hidup pada kondisi air yang kurang baik, namun hanya saja anda harus mengatur tingkat kebersihan air dengan melakukan penyaringan secara teratur. Untuk mengganti air disarankan untuk menyedot air menggunakan selang atau pompa. Untuk menaikkan kandungan oksigen serta bersihkan kotoran dengan cara automatis anda dapat menggunakan aerator atau mungkin filter.

Selain memiliki tekstur daging yang tebal & enak, ikan gurane ini juga memiliki banyak manfaat & khasiat untuk tubuh kita antara lain : 
1.   Ikan Gurame Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol
2.   Berguna Untuk Mengeluarkan Hormon Serotonin
3.   Menyembuhkan Hipertensi & Hipotensi
4.   Menyuburkan Rambut
5.   Mencerahkan kulit wajah
6.   Menghaluskan kulit
7.   Sebagai obat anti inflamasi
8.   Mencegah penyakit jantung
9.   Mencegah penyakit beri-beri
10. Mencerdaskan otak, dll.

Itulah bebarapa manfaat, tips & trik budidaya ikan gurame pada terpal plastik. 
Sekian artikel dari " Cara Tepat Budidaya Ikan Gurame Menggunakan Terpal Plastik " Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami... Selamat Mencoba & Semoga Bermanfaat :)...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Budidaya Ikan Gurame Menggunakan Terpal Plastik"

Posting Komentar